Thursday , August 24 2017
Home / Bisnis Internet / Cara Jualan Dropship dari Penjual Terpercaya

Cara Jualan Dropship dari Penjual Terpercaya

Berjualan barang sekarang ini rasanya lebih mudah, praktis dan cepat jika dilakukan secara online. Ada banyak media-media yang bisa kita gunakan untuk menjual barang dagangan kita. Mulai dari berjualan di social media seperti Instagram atau Facebook, hingga memanfaatkan situs e-commerce yang belakangan makin populer seperti BukaLapak atau juga Tokopedia. Namun pertanyaannya, bagaimana jika kita ingin berjualan tapi tidak punya barang yang bisa dijual?

Modal adalah salah satu masalah klasik ketika kita akan memulai sebuah usaha, termasuk juga berjualan. Untuk berjualan barang tertentu, maka setidaknya kita harus memiliki sejumlah modal untuk menyetok barang tersebut di tangan kita. Kemudian muncul pula kekhawatiran, gimana nanti packingnya, kirimnya, atau gimana nanti kalau barang yang sudah kita beli untuk stok tersebut ternyata enggak laku? Nah, kalau kamu males ribet tapi tetep mau jualan, maka salah satu solusinya adalah dengan cara dropship!

Apa Itu Dropship / Dropshipper?

Dropship adalah sebuah metode berjualan, dimana kamu sebagai penjual memiliki supplier yang akan memberi kamu informasi mengenai stok barang, kondisi barang, detail dan harga dari barang yang akan kamu jual. Kemudian, kamu dengan informasi tersebut akan mulai berjualan, membuka lapak untuk mencari konsumen atau pembeli. Setelah ada pembeli yang melakukan pembelian ke barang ke kamu, maka selanjutnya kamu akan mengirimkan detail pembelian tersebut ke supplier. Supplier ini yang kemudian akan membungkus barang, mengirimkan ke pembeli dan menempelkan nama kamu sebagai nama penjual. Kurang paham? Coba cek gambar di bawah ini!

Sedangkan dropshipper adalah orang yang berjualan dengan metode dropship itu. Jadi, kalau kamu berjualan dengan cara dropship, berarti kamu adalah seorang dropshipper. Gimana, sudah paham kan sekarang?

Keuntungan dan Kerugian Sistem Dropship

Semua metode berjualan pasti ada keuntungan dan ada juga kerugiannya. Coba kita bahas kerugiannya dulu. Adapun kerugian yang MUNGKIN muncul kalau kamu berjualan dengan cara dropship adalah :

  1. Kamu enggak pegang produk secara langsung. Semua informasi yang kamu punya itu kamu dapat dari supplier kamu. Kalau kamu pegang dan stok barang dari supplier, itu bukan dropship. Melainkan reseller.
  2. Reputasi kamu sebagai penjual sangat tergantung dengan kinerja supplier kamu. Kalau supplier enggak update data, stok, harga, lalu kamu terima order dan ternyata barang tersebut sudah habis, harga tiba-tiba naik, maka kamu yang akan dapat komplain dari pembeli.

Tapi, metode berjualan dropship ini juga sangat populer karena banyak keuntungan yang cukup menggiurkan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Status kamu yang enggak perlu punya stok barang membuat kamu enggak perlu sediakan space atau tempat untuk menyimpan barang-barang jualan kamu.
  2. Kamu enggak perlu direpotkan dengan siapkan barang, bungkus paket dan kirim barang ke ekspedisi. Semua bakal diurus sama si supplier kamu tadi.
  3. Kamu bisa kerja dari mana saja, dengan media apa saja. Baik itu komputer, laptop, tablet bahkan smartphone. Yang penting, kamu punya akses untuk internet, social media dan juga akses kontak ke supplier kamu tadi.
  4. Modal yang terbilang rendah. Enggak semua supplier mau bekerja sama dengan banyak orang tanpa komitmen yang jelas. Jadi wajar saja kalau beberapa supplier memberlakukan sistem ‘uang pendaftaran’ untuk kamu yang serius mau jadi dropshipper mereka.

Supplier Dropship Indonesia Terpercaya 2015

Nah, kalau kamu lagi mau coba berjualan dengan cara dropship dan sedang mencari supplier dropship yang bisa dipercaya, mungkin kamu bisa coba yang satu ini. Namanya adalah Supplier.id. Supplier.id ini merupakan sebuah situs e-commerce yang menyediakan barang-barang unik dengan harga grosir, serta informasi harga retail. Dengan demikian, kamu mendapatkan harga yang murah, serta patokan harga jual yang bisa kamu banderol di situs-situs e-commerce umum seperti Tokopedia. Atau mungkin juga untuk kamu jual di Instagram.

Cara untuk bergabung dengan Supplier.id ini juga cukup mudah. Yang perlu kamu lakukan cuma melakukan pendaftaran di halaman ini, kemudian kamu akan diberikan panduan sederhana tentang langkah-langkah untuk menjadi anggota dropship yang akan memperoleh harga grosir dari barang-barang yang mereka punya.

Keuntungan lain dari bergabung di Supplier.id adalah situs ini dikelola dan ditangani oleh seorang senior di dunia e-commerce. Secara berkala, beliau akan mengirimkan tips-tips dan cara sukses berjualan dengan metode dropship ini di berbagai media. Terakhir, saya dapat tips tentang cara meraih untung besar dengan menggunakan media LINE. Enggak cuma itu, kadang kita juga dapat undangan webinar (web-seminar?) yang ngebahas tips-trick untuk meningkatkan keuntungan kita sebagai dropship.

Informasi lengkap

Nah, jadi tunggu apalagi. Buruan gabung ke Supplier.id, jadilah penjual dropship yang sukses dan punya uang jajan kamu sendiri!

About akhdian

Check Also

Membuat Undangan Pernikahan Online

Anda berencana menikah dalam waktu dekat? Jika iya sejauh mana persiapan pesta pernikahan Anda? Anda …

6 comments

  1. keren pa … pa ada punya tips tidak supaya ada yang beli produk ditoko online saya??

  2. oke..terimakasih sharingnya…

  3. Ingin mencoba peruntungan di dunia IM, khususnya dropship, tapi masih banyak ketakutan di hati ini.

  4. Tertarik dengan satu metode ini, terutama bagi saya yang menggeluti biidang kuliner. Berharap bisa mendapatkan banyak droshipper dan banyak keuntungan lainnya.

  5. Sudah sejak beberapa minggu yang lalu saya sangat tertarik dengan sistem kerja dropship, karena memungkinkan kita berjualan online dengan tanpa modal sedidkitpun. Yang masih mengganjal pikiran saya adalah kondisi barang yang nanti dikirim supplier, karena hal tersebut menyangkut tingkat kepuasan dan kepercayaan dari konsumen kita.

  6. Cara ini sangat membantu bagi yang berminat untuk jualan OL dengan biaya dan resiko lebih kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *